Friday, May 20, 2011

Hoya ( Wax Flower )

Bunga Cantik Berlapis Lilin
Warna-warnanya begitu menggiurkan.
BERASAL dari Asia Tenggara, antara lain Indonesia, belum banyak dari kita mengenal bunga cantik ini. Padahal di Amerika dan Eropa, yang bukan negara asalnya, Hoya sudah cukup populer.

Hoya merupakan salah satu tanaman rambat. Itu sebabnya, untuk menanamnya, perlu disediakan penyangga. Bunganya mekar bergerombol. Bentuknya mirip bintang. Kelopaknya tebal dan kaku, berlapis lilin. Warnanya lembut dan manis, mengingatkan kita pada bunga-bunga plastik penghias kue tart. Bukan hanya bunganya. Daunnya pun tebal, dan berlapis lilin di permukaannya. itu sebabnya, dalam bahasa Inggris, Hoya disebut Wax Flower.
Dulu, mendapatkan bibit tanaman ini memang sulit. Sekarang, bibit Hoya sudah mulai diperjualbelikan di beberapa nursery. Menanam Hoya sangat mudah. Sediakan saja media tanam yang tidak terlalu lembap. Lokas idealnya, di area yang terkena sinar matahari. Hoya termasuk tanaman penyuka matahari.
Selain tanah, media tanam bisa juga meggunakan sabut kelapa. Intentitas penyiraman perlu dijaga. Jangan terlalu sering. Media tanam yang terlalu lembap, tidak disukai Hoya.

Perbanyakannya bisa menggunakan biji atau stek batang. Jika ingin Hoya cepat berbunga, sebaiknya pilih metode stek. Selamat bercocok tanam!

No comments: